Identitas Puskesmas
1. Nama
Puskesmas : Puskesmas Kedu, Temanggung
2. Alamat :
Jl. Kelud Raya No.4, Sudagaran,
Kedu, Kec. Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
3. Kode
Pos :
56252
4. Telepon :
(0293) 4902285
5. Batasan wilayah :
·
Sebelah selatan : Kecamatan Bulu
·
Sebelah barat :
Keacamatan Parakan
·
Sebelah timur :
Kecamatan Temanggung
B. Ruang
Lingkup
Ruang
lingkup penerapan sistem manajemen mutu di Puskesmas Kedu mencakup :
1.
Upaya
Kesehatan Perorangan di Puskesmas Kedu
a. Pelayanan
Rawat Jalan Umum
b. Pelayanan
Kegawatdaruratan
c. Pelayanan
Rawat Jalan Gigi
d. Pelayanan
Rawat Jalan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
e. Pelayanan
Keluarga Berencana (KB)
f. Pelayanan
Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
g. Pelayanan
Imunisasi
h. Pelayanan
Apotek
i.
Pelayanan Laboratorium
j.
Pealayanan Konsultasi Gizi
k. Pelayanan
Konsultasi Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan
l.
Pelayanan Ambulance
m. Mampu
Persalinan 24 jam
n. Pelayanan
Prolanis
o. Pelayanan
Lansia
2.
Upaya
Kesehatan Masyarakat Esensial dan Perkesmas di Puskesmas Kedu
a. Pelayanan
Promosi Kesehatan termasuk UKS
b. Pelayanan
Kesehatan Lingkungan
c. Pelayanan
KIA-KB yang bersifat UKM
d. Pelayanan
Gizi yang bersifat UKM
e. Pelayanan
Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)
f. Pelayanan
Keperawatan Kesehatan Masyarakat
3.
Upaya
Kesehatan Masyarakat Pengembangan di Puskesmas Kedu
a. Pelayanan
Kesehatan Lansia
b. Usaha
Kesehatan Sekolah
C. Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gigi
di Puskesmas Temanggung selama kami Praktek Kerja Lapangan (PKL) :
1.
Pelayanan
Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Kelompok Berkebutuhan Khusus
a.
Pelayanan
Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Pra Sekolah
Kegiatan pelayanan
asuhan kesehatan gigi dan mulut anak pra sekolah diselenggarakan dalam rangka
kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas dan
dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan UKGS. Kegiatan pelayanan asuhan
gigi dan mulut anak pra sekolah dilaksankan di TK Dharma Wanita II Beji, Kedu,
Temanggung, meliputi kegiatan Screening, Promotif (Penyuluhan cara menyikat gigi
yang benar, dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya seperti gigi
berlubang), dan kegiatan Preventif (Menyikat gigi bersama). Kegiatan ini
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut
pada anak sedini mungkin.
Screening Kesehatan Gigi dan Mulut
Penyuluhan cara menggosok gigi
Menggosok gigi bersama
b.
Pelayanan
Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia
Kegiatan pelayanan
asuhan ini dilaksanakan pada sasaran kelompok berkebutuhan khusus yang rentan
terhadap penyakit gigi dan mulut, yaitu kelompok Lansia. Di puskesmas Kedu
Temanggung terdapat kegiatan “Prolanis” yang diadakan setiap 2 minggu sekali.
Pada pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut kelompok lansia dilakukan di
Desa Karangtejo, Temanggung. Lansia berjumlah 25 orang, pada kegiatan ini
dilakukan kegiatan Screening, Promotif (Penyuluhan kesehatan gigi dan
mulut),Senam lansia, dan Pemberian makanan tambahan. Kegiatan pelayanan asuhan
kesehatan gigi dan mulut ini bertujuan untuk mengetahui kondisi rongga mulut
dan penyakit apa saja yang dialami oleh sasaran kelompok lansia, kemudian kami
dapat memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan meningkatkan pengetahuan sasaran
sehingga derajat kesehatan gigi dan mulut sasaran kelompok lansia dapat
meningkat.
Pemeriksaan Kesehatan Umum
Pemeriksaan Kesehatan Gigi
Penyuluhan Kesehatan Gigi
2.
Penatalaksanaan
Kuratif Terbatas (PKT)
a. Kegiatan
Penatalaksanaan Kuratif Terbatas dilakukan pada PKL di Puskesmas Kedu dengan
indikasi kasus Resorpsi Fisiologis maupun Persistensi dengan Anestesi Topikal.
Resorbsi Fisiologis
Pencabutan gigi 63
b. Kegiatan
Penatalaksanaan Kuratif Terbatas dilakukan pada PKL di Puskesmas Kedu berupa
Anestesi Infiltrasi dengan Lidocain pada kasus dengan indikasi pencabutan gigi.
Anestesi Infiltrasi
Pencabutan gigi dengan anestesi infiltrasi
Sebelum melakukan pelatihan kader
UKGMD, kami melakukan Survei Mawas Diri ke rumah-rumah warga di Dusun Kemiri,
Desa Salamsari. Setelah mendapatkan hasil masalah kesehatan gigi dan mulut, kemudian diadakan
Musyawarah Masyarakat Desa di Balai Desa Salamsari, selanjutnya setelah izin
dan diberi perizinan dan kepercayaan kami melakukan pelatihan kader UKGMD.
Pelatihan kader dilakukan pada kader posyandu di masing-masing dusun yang ada
di desa Salamsari. Kader diberikan materi tentang kesehatan gigi dan mulut danjuga tata cara pengisian KASIH dan KMGS sehingga kader nantinya diharapkan dapat melakukan pengecekan kesehatan gigi dan mulut pada saat kegiatan posyandu
berlangsung.
Survei ke rumah warga
Pelatihan kader dan tatacara pengisian kartu KASIH dan KMGS
Foto bersama para kader posyandu desa Salamsari
Untuk mengetahui materi pelatihan kader posyandu desa Salamsari, Temanggung yuk kunjungi KESEHATAN GIGI DAN MULUT